Jumat, 28 Oktober 2011

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Diposting oleh itsuntoldstory di 05.50

Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan
  1. Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber –sumber ekonomi dengan tujuan untukmenyediakan brang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
Dari definisi tersebut diatas terlihat bahwa perusahaan memiliki 5 unsur penting yaitu organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan konsumen, dan perolehan laba/keuntungan.
Sumber-Sumber Ekonomi

  • Sumber Ekonomi Alam(material dan bahan baku)
  • Sumber Ekonomi Manusia(tenaga kerja)
  • Sumber Ekonomi Modal (dana, mesin, gedung)
  • Sumber Ekonomi Manajerial (keahlian mengelola)
  • Sumber Ekonomi Lingkungan (social dan budaya)

     
  1. Tempat Kedudukan dan Letak Perusahaan
Pemilihan tempat dan letak perusahaan merupakan factor penting untuk menjamin tercapainya :

  • Tujuan Perusahaan
  • Efisiensi Perusahaan
  • Daerah Pemasaran Produk
  • Pindah Tempat : tidak ekonomis dan peraturan pemerintah
2.1 Tempat Kedudukan Perusahaan :

Adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh factor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.

2.2 Letak Perusahaan

Adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.

Jenis – Jenis Letak Perusahaan

Dibedakan menjadi 4 yaitu :

  1. Terikat Pada Alam
    Pada umumnya karena ketersediaan dan kemudahan bahan baku

    Contoh : Perusahaan timah dan minyak bumi.


     
  2. Terikat Sejarah
    Perusahaan ini menjalankan aktivitasnya disuatu daerah tertentu karena hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah.


     
  3. Ditetapkan oleh pemerintah
    Perusahaan yang didirikan atas dasar pertimbangan, keamanan, politik, dan kesehatan

    Contoh ; Perusahaan kimia, limbah dampaknya dapat ditekan serendah mungkin


     
  4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
    Yang bersifat industri adalah : ketersediaan barang mentah, tenaga air,tenaga kerja, modal, transportasi, kedekatan dengan pasar dan kesesuaian iklim.


     
  5. Perusahaan dan Lembaga Sosial
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, jadi bukan untuk mencapai keuntungan maksimal tetapi juga mempunyai tujuan ; membuka kesempatan kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat.

3.1 Tujuan Pendirian Perusahaan :

  • Tujuan Ekonomis
    Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya

    Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas harga, kualitas pelanggan (inovatif)


     
  • Tujuan Sosial
    Perusahaan memperhatikan keinginan investor , karyawan, penyedia faktor-faktor produksi maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu member kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.

3.2 Perusahaan sebagai suatu sistem

Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang aling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencpai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sistem ekonomi yang secara langsung dan tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai antar lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat, maupun tanggung jawab sosial.


 

3.3 Sistem Perusahaan

Sifat sistem perusahaan :

  • Kompleks
  • Sebagai suatu kesatuan/unit
  • Sifatnya beragam
  • Saling tergantung
  • Dinamis
3.4 Fungsi-Fungsi Perusahaan ;

Ada 2 fungsi perusahaan :

  • Fungsi Operasi
    Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi,teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.


     
  • Fungsi Managemen
    Perencanaan pengorganisasian, pengarah, pengendalian
Bila keduanya berjalan dengan baik, perusahaan akan terkoordinasi , terintergrasidal dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.

Ciri-Ciri Perusahaan

  • Operatif
    Adanya aktifitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia/distribusi barang dan jasa


     
  • Koordinatif
    Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan


     
  • Regular
    Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlakukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar selalu dapat bergerak maju


     
  • Dinamis
    Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan


     
  • Formal
    Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.


     
  • Lokasi
    Perusahaan didirikan pada suatu tempattertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas


     
  • Pelayanan Bersyarat
    Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.


     
  1. Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan.
Pada dasarnya lingkungan perusahaan dibedakan menjadi :

  1. Lingkungan Eksternal
    Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan.


     

    Lingkungan Eksternal perusahaan dapat dibedakan menjadi :
  • Lingkungan Eksternal Makro
    Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha

    • Keadaan alam
    • Politik dan Hankam
    • Hukum
    • Perekonomian
    • Pendidikan dan Kebudayaan
    • Social dan Budaya
    • Kependudukan
    • Hubungan Internasional

       
  • Lingkungan Eksternal Mikro
    Adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha

    • Pemasok/Supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan
    • Perantara, misalnya distributor, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen
    • Teknologi : Yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan, metode, dll
    • Pasar : sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan

     
  1. Lingkungan Internal
    Adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi
  • Tenaga Kerja
  • Peralatan dan Mesin
  • Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
  • Baha n mentah, bahan setengah jadi, permodalan
  • Sistem Informasi dan Administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan

     
  1. Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkir dari kancah persaingan bisnis. Hubungan antar bisnis dengan dengan lingkungan kemudian ditelaah oleh para usahawan. Pada mulanya telah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnyalah yang merupakan hal yang terpenting atau yang menduduki titik sentral sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan yang berorientasi produsen atau "Producer Oriented Aproach". Pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu , dimana pada saat itu keadaannya disebut sebagai "seller's market", yang artinya produsen masih langka sehingga barang apapun yang dihasilkan akan selalu terjual.

Akan tetapi keadaan itu berubah, dimana pengusaha menjadi bertambah banyak dan masyarakat menjadi lebih selektif sehingga timbulah persaingan yang ketat diantara para pengusaha. Hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumenlah yang mampu bertahan. Keadaan ini disebut "buyer's market" atau "pasar pembeli" yaitu keadaan dimana pembeli yang akan menentukan semuanya dan bukan bukan penjual. Dalam hal ini berlaku suatu ungkapan "pembeli adalah raja".

Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat factor lingkungan. Jadi dalam hal ini yang merupakan factor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau bisnisman mengelilinginya untuk melayani kebutuhan secara lebih baik sesuai dengan selera konsumen. Pandangan ini disebut "Consumer Oriented Approach" atau "pendekatan yang berorientasi konsumen".


 

REFERENSI :

0 komentar:

Posting Komentar

 

itsuntoldstory Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting