Jumat, 28 Oktober 2011

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

Diposting oleh itsuntoldstory di 06.23

Manajemen dan Organisasi
  1. Manajemen
  • Pengertian dan Peranan Manajemen
    • Pengertian Manajemen
    • Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
    • Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
    • Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal

       
    • Peranan Manajemen
    • PERAN DECISIONAL
  1. Kewirausahaan/Enterpreneur
  2. Penyelesai gangguan
  3. Pembagi sumber daya/pengalokasian
  4. Perunding

     
  • PERAN INTERPERSONAL
  1. Sebagai pemimpin lambing/figure bapak/pemuka simbolis
  2. Sebagai pemimpin
  3. Sebagai penghubung atau perantara

     
  • PERAN INFORMASI
  1. Sebagai monitor
  2. Sebagai diseminasi
  3. Sebagai juru bicara

     
  • Latar Belakang Sejarah Manajemen
  1. Aliran Klasik/Tradisional
  • Teori Manajemen Klasik
  • Teori Manajemen Ilmiah
  • Teori Manajemen Manusia
  1. Organisasi Klasik
  2. Aliran Manajemen Modern/Ilmu Pengetahuan
  • Teori Perilaku Manusia
  • Teoti Kuantitatif
  1. Pendekatan
  • Pendekatan Sistem
  • Pendekatan Kontingensi

 

  • Fungsi dan Proses Manajemen
    • Fungsi Dasar Manajemen
    • Perencanaan (Planning)
  1. Penetapan tujuan dan standar
  2. Penetapan aturan dan prosedur
  3. Penyusunan rencana serta perkiraan, prediksi, atau proyeksi kemungkinan pada masa mendatang.
  • Pengorganisasian (Organizing)
  1. Penugasan pelaksanaan tugas tertentu bagi tiap pegawai
  2. Pembentukan departemen
  3. Pendelegasian wewenang kepada bawahan
  4. Penetapan jalur wewenang dan komunikasi
  5. Pengkoordinasian pekerjaan yang dilaksanakan bawahan
  • Pengawasan (Controlling)
  1. Penyusunan standar, misalnya kuota penjualan, standar kualitas, atau level produksi
  2. Pemeriksaan untuk mengkaji prestasi kerja actual dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan
  3. Mengadakan tindakan korektif yang diperlukan
  • Pengarahan (Leading)
  1. Menggerakan orang lain untuk menyelesaikan pekerjaan
  2. Membina moral
  3. Memotivasi bawahan
  • Pengisian Staff (Staffing)
  1. Penetapan jenis pegawai yang perlu diangkat
  2. Perekrutan calon pegawai
  3. Seleksi pegawai
  4. Penyuluhan pegawai
  5. Training dan pengembangan pegawai

     
  • Proses Manajemen
    Adalah serangkaian keputusan dan kegiatan kerja yang terus menerus dimana manajer terlibat sewaktu mereka merencana, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi dan mengawasi.


     
  • Ciri – Ciri Manajer Profesional
  1. Memperoleh dukungan top manajemen
  2. Bermanfaat untuk kepentingan internal juga eksternal organisasi
  3. Memiliki program jangka panjang dan berkesinambungan
  4. Berorientasi ke masa depan dengan pendekatan holistic (menyentuh unsur perasaan/spiritual)
  5. Melaksanakan prinsip efisiensi dan efektivitas
  6. Melakukan tindakan secara terencana/terprogram
  7. Melakukan monitoring, evaluasi, serta menerima umpan balik
  8. Karyawan dan pimpinan unit yang :
  • Memiliki kompetensi atau keahlian dan pengalaman panjang dibidangnya
  • Haus dan berani pada tantangan
  • Inovatif, kreatif, inisiatif, dan efisien
  • Memiliki integritas tinggi
  • Menghargai profesi lain
  • Selalu siap menghadapi segala resiko
  • Bertanggung jawab atas setiap kata dan perbuatannya
  1. Mampu menggunakan teknologi tepat guna
  2. Kepemimpinan dalam membangun komitmen
  3. Semua lapisan berpartisipasi aktif dalam semua aktivitas
  4. Kerja sama tim solid
  5. Memberikan penghargaan pada tiap karyawan yang berprestasi 9kompensasi termasuk peluang pendidikan-pelatihan lanjutan dan promosi karir)
  6. Persuasi pada karyawan yang kurang berprestasi untuk menjadi yang terbaik melalui bimbingan – bimbingan dan pendidikan pelatihan berkesinambungan
  7. Memiliki budaya korporat, transparansi(terbuka), independensi (tidak bergantung), responsive (cepat tanggap), akuntabilitas (dapat dipertanggungjawabkan) dan jujur.

     
  • Ketrampilan Manajemen yang dibutuhkan
  1. Berkaitan dengan hubungan antar pribadi
  • Pemimpin Lambang (figure head)
    Kepala simbolis ; diperlukan untuk menjalankan sejumlah kegiatan rutin yang bersifat legal dan sosial
  • Pemimpin (Leader)
    Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktivkan bawahan ; bertanggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing), melatih, dan tugas – tugas yang terkait.
  • Penghubung
    Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi
  1. Berkaitan dengan Informasi
  • Pemantau (monitor)
    Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
  • Penyebar
    Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi
  • Juru Bicara
    Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dari hasil organisasi
  1. Berkaitan dengan Pengambilan keputusan
  • Wirausaha (Enterpreneur)
    Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai proyek – proyek perbaikan untuk menimbulkan perubahan
  • Pengendali gangguan
    Bertanggung jawab atas tindakan koreksi bila organisasi mengalami gangguan mendadak dan penting
  • Pengalokasian sumber daya
    Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
  • Perunding (Negosiator)
    Mewakili organisasi pada perundingan – perundingan utama


     
  1. Organisasi
  • Definisi Organisasi
    • Secara umum organisasi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terdiri dari sekelompok individu yang melalui suatu hierarki sistematis dalam pembagian kerja, dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara structural dan sistematis.

       
  • Pentingnya mengenal organisasi
    Semakin ketat persaingan didalam dunia Global ini sangat penting bagi kita untuk mengenal yang namanya organisasi, pada dasarnya organisasi itu ditandai dengan adanya sharing atau yang biasa dibilang saling bertukar pikiran demi tercapainya suatu tujuan. Dengan sharing ini kita dapat mengenal dan memahami tiap individu didalam kelompok sehingga kita dapat membagi tanggung jawab anggota didalam sebuah organisasi.
  • Bentuk – bentuk Organisasi
  1. Organisasi Garis
  • Bentuk ini merupakan nbentuk organisasi paling tua dan paling sederhana. Bentuk organisasi diciptakan oleh Henry Fayol. Biasa juga disebut dengan organisasi militer dimana cirinya adalah struktur organisasi ini relatif kecil, jumlah karyawan yang relatif sedikit, saling kenal, dan spesialisai kerja yang belum begitu rumit dan tinggi.

     
  • Kelebihan :
  • Kesatuan komado terjamin baik karena pimpinan berada pada satu tangan.
  • Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat karena jumlah orang yang diajak berkonsultasi masih sedikit
  • Rasa solidaritas diantara karyawan umumnya tinggi karena saling mengenal.

     
  • Kelemahan :
  • Seluruh organisasi tergantung pada satu pimpinan (satu orang) dimana bila pimpinan tersebut berhalangan maka organisasi tersebut akan mandek atau hancur.
  • Ada kecenderungan pimpinan bertindak secara otokratis.
  • Kesempatan karyawan untuk berkembang terbatas.

     
  1. Organisasi Fungsional
  • Bentuk ini merupakan bentuk dimana sebagian atau segelintir pimpinan tidak mempunyai bawahan yang jelas karena setiap pimpinan berwenang memberikan komando pada bawahannya. Bentuk ini dikembangkan oleh FW Taylor.

     
  • Kelebihan :
  • Pembidangan tugas-tugas jelas.
  • Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan dan digunakan semaksimal mungkin.
  • Digunakannya tenaga-tenaga ahli dalam berbagai bidang sesuai dengan fungsinya.

     
  • Kelemahan :
  • Karena adanya spesialisasi kerja maka akan sulit untuk mengadakan tour of duty.
  • Karyawan lebih mementingkan bidangnya sehingga sukar untuk melaksanakan koordinasi.
  1. Organisasi Garis dan Staff
  • Bentuk ini umumnya dianut oleh organisasi besar, daerah kerja yang luas, mempunyai bidang tugas yang beraneka dan rumit serta jumlah karyawan yang banyak. Bentuk ini diciptakan oleh Harrington Emerson.

     
  • Kelebihan :
  • Dapat digunakan pada setiap organisasi yang besar, apapun tujuannya, luas organisasinya,dan kompleksitas susunan organisasinya.
  • Pengambilan keputusan lebih mudah karena adanya dukungan dari staf ahli
  • Perwujudan "the right man in the right place"lebih mudah terlaksana.

     
  • Kelemahan :
  • Sesama karyawan dapat terjadi tidak saling mengenal, solidaritas sulit terbangun.
  • Karena susunan organisasinya yang koompleksitas, maka kesulitannya adalah dalam bidang koordinasi antar divisi atau departemen.

     
  1. Organisasi Fungsional dan Staff
  • Bentuk ini merupakan kombinasi dari bentuk organisasi fungsional dan bentuk organisasi garis dan staff. Adapun kebaikan dan keburukan dari bentuk organisasi ini adalah juga merupakan kombinasi dari bentuk diatas.

     
  • Prinsip – Prinsip Organisasi
    Agar organisasi berjalan baik, di perlukan pedoman atau prinsip dalam melaksanakan kegiatanya. Prinsip-prinsip organisasi adalah :
  1. Perumusan tujuan dengan jelas.Bila akan melakukan suatu aktivitas, pertama-tama harus dijelaskan dulu tujuannya.Bagi suatu organisasi,tujuan aktivitas itu akan berperan sebagai berikut:
  • pedoman kearah mana organisasi itu akan dibawa.
  • landasan bagi organisasi bersangkutan.
  • menentukan macam aktivitas yang akan dilakukan.
  • menentukan serangkaian program, prosedur ,koordinasi, integrasi, simplifikasi, dan mekanisasi.
  1. Pembagian tugas dalam suatu organisasi , pembagian tugas merupakan suatu keharusan mutlak untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dalam pekerjaan. Pembagian tugas akan menghasilkan departemen-departemen dan deskripsi tugas (job description) )masing-masing departemen sampai unit-unit terkecil dalam organisasi.

     
  2. Delagasi kekuasaan, salah satu prinsip pokok dalam setiap organisasi adalah delagasi kekuasaan. Kepada setiap karyawan yang menduduki jabatan tertentu harus di delegasikan kekuasaan, atau wewenang yang diperlukan agar yang bersangkutan dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya.wewenang atau kekuasaan itu mempunyai aspek pengambilan keputusan , penggunaan peralatan , dan lain sebagainya.

 

  1. Rentangan kekuasaan adalah berapa jumlah orang yang tepat menjadi bawahan seorang pemimpin, agar dia mampu memimpin , membimbing , dan mengawasi secara efektif.

 

  1. Tingkat tingkat pengawasan, hendaknya diusahakan sesedikit mungkin harus diusahakan agar organisasi sesederhana mungkin.Selain memudahkan komunikasi , juga agar ada motivasi bagi setiap orang dalam organisasi untuk mencapai tingkat-tingkat tertinggi pada struktur organisasinya.

 

  1. kesatuan perintah dan tanggung jawab.Menurut prinsip ini, seorang bawahan hanya mempunyai seorang atasan yang memberinya perintah dan menerima pertanggung jawaban terhadap pelaksanaan tugasnya.

 

  1. Koordinasi adanya pembagian tugas dan bagian bagian serta unit-unit terkecil di dalam organisasi, cenderung menimbulkan kekuatan untuk memisahkan diri dari organisasi sebagai suatu keseluruhan.

 


 

0 komentar:

Posting Komentar

 

itsuntoldstory Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting