Rabu, 17 Oktober 2012

JOURNAL PERMINTAAN DAN PENAWARAN (TE1)

Diposting oleh itsuntoldstory di 07.10

Nama Kelompok 6: 

  • Fanny Octania Zuari (22211687)
  • Mailany (24211255)
  • Dewi Lestari (21211959)

Kelas : SMAK-05
TEORI EKONOMI 1

Latar Belakang

Perkembangan tekhnologi dan pasar menyebabkan berbagai permintaan dan penawaran terhadap barang maupun jasa menjadi tidak signifikan. Hal ini dilandasi karena munculnya berbagai jenis barang dan jasa yang mempunyai manfaat dan tujuan yang sama. Produsen pun dituntut untuk selalu mengeluarkan inovasi dan mempelajari cara bagaimana produksi mereka dapat bertahan dipasar sehingga permintaan dan quantitas terhadap suatu barang tetap atau bahkan meningkat. Titik keseimbangan pasar terjadi Harga keseimbangan atau harga pasar (Equilibrium Price) adalah tinggi rendahnya tingkat harga yang terjadi atas kesepakatan antara produsen/penawaran dengan konsumen atau permintaan. Pada harga keseimbangan produsen/penawaran bersedia melepas barang/jasa, sedangkan permintaan/konsumen bersedia membayar harganya. Dalam kurva harga keseimbangan terjadi titik temu antara kurva permintaan dan kurva penawaran, yang disebut Equilibrium Price.
Metodologi

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yaitu metode yang lebih tergantung pada data yang telah diobservasi dengan menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkan data tersebut.

Variabel

Dalam menganalisis permintaan dan penawaran yang terjadi dipasar, maka variabel yang diambil adalah permintaan dan penawaran pada sektor industri khususnya pada perusahaan yang memproduksi baju.

Rumusan Masalah

·        Bagaimanakah cara mempertahankan quantitas suatu permintaan dan penawaran pada suatu produksi?
·        Bagaimanakah keadaan pasar terutama dalam sektor permintaan dan penawaran, yang diakibatkan karena perkembangan tekhnologi sehingga munculah berbagai macam ragam barang yang diproduksi tersebut?

Pembahasan

Dengan meningkatnya pemintaan akan suatu kebutuhan, maka produsen berlomba-lomba untuk menciptakan suatu inovasi dengan hasil produksi yang mempunyai manfaat dan tujuan yang sama. Untuk itu produsen dituntut untuk bagaimana bisa mempertahankan pemintaan terhadap suatu barang yang mereka produksi, agar produksi mereka tidak kalah dan bisa bersaing dipasar. Berbagai macam strategipun dikeluarkan untuk dapat menarik perhatian konsumen. Mulai dari memberikan discount atau potongan harga terhadap konsumen, memberikan bonus atau free barang kepada konsumen yang membeli dalam jumlah banyak, menurunkan harga barang, memasang iklan pada media, terjun langsung melakukan promo didalam masyarakat, menggunakan perantara untuk mendistribusikan produk. Bebagai barang dan jasa yang ditawarkan pada pasar dengan berbagai macam ragam juga berdampak pada konsumen. Konsumen akan bingung untuk memilih barang dan jasa mana yang akan mereka pilih untuk dikonsumsi. Contohnya pada produk ZARA yang mempoduksi baju dan celana. Dengan menjamurnya produk-produk yang menjual dan menghasilkan produksi yang sama, maka ZARA melakukan stategi buy 1 get 1 free, discount up to 90%, atau bahkan memberikan hadiah untuk transaksi yang ditetapkan. Dengan begitu konsumen produk tersebut tidak akan pindah ke toko lain yang menjual dan mempoduksi produk yang sama.

Hasil dan Kesimpulan

Jika permintaan tehadap suatu produk turun, maka produsen akan meningkatkan penawaran barang yang diproduksinya kepada konsumen dan menurunkan harga, agar  terciptanya target quantitas yang diharapkan dalam hal ini berarti tetap atau lebih. Contohnya produsen baju, ketika banyaknya produsen baju yang menjamur di pasar, mereka yang tidak ingin kehilangan pelanggan atau konsumen diharuskan untuk lebih inovasi dan mengembangkan ide-ide pikiran untuk membuat produksi yang sejenis, terlihat berbeda dari yang lain. Selain itu produsen juga diharuskan untuk bisa mengatur dan mengambil langkah dalam strategi. Contohnya seperti strategi pemasaran dan penjualan agar produk yang dihasilkan bisa tetap bersaing dipasar.



0 komentar:

Posting Komentar

 

itsuntoldstory Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting