Kamis, 18 Oktober 2012

ANALISIS JURNAL PB. AYU MULYA

Diposting oleh itsuntoldstory di 00.42
Nama Kelompok4 : 
  • Fanny Octania Zuari (22211687)
  • Mailany (24211255)
  • Dewi Lestari (21211959) 
Kelas : SMAK-05 
TEORI EKONOMI 1
ANALISIS JURNAL
PB. AYU MULYA
Tema
Keunggulan kompetitif bagi suatu organisasi

Pengarang
  1. ·         Wang Wen Chen (2010)
  2. ·         Lin Chien Hung (2010)
  3. ·         Chu Ying Chien (2010)
Judul
Analisis Tipe Keunggulan Kompetitif
Latar Belakang
Penulis ingin menganalisa keunggulan kompetitif bagi sebuah organisasi agar mampu bersaing pada pasar.
Metodologi
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yaitu metode yang lebih tergantung pada data yang telah diobservasi dengan menggunakan sumber data sekunder. Data sekunder merupakan data yang sudah tersedia sehingga kita tinggal mencari dan mengumpulkan data tersebut.

Variabel
Dalam menganalisis suatu keunggulan kompetitif organisasi, variabel yang diambil berupa organisasi – organisasi sejenis yang bersaing dalam suatu pasar.
Masalah
  • Apa yang dimaksud dengan keunggulan kompetitif?
Pembahasan
Dalam suatu persaingan pada pasar, suatu organisasi harus mempunyai keunggulan kompetitif yaitu kemampuan suatu organisasi untuk memberikan manfaat yang sama atau bahkan lebih atas suatu produk dengan biaya produksi yang lebih rendah dibandingkan dengan para pesaing lainnya.
Porter (1995) menyatakan bahwa tenaga kerja dan sumber daya alam tidak terlalu diperlukan bagi perekonomian yang baik, melainkan, keunggulan kompetitif ini dititik beratkan pada kepuasan konsumen dalam menerima produk bernilai tinggi, namun organisasi tersebut tetap mendapat keuntungan yang tinggi.
Barney (1991) menyatakan bahwa keunggulan kompetitif terjadi ketika sumber daya alam berada dalam keadaan langka dan bernilai diwaktu yang bersamaan, sulit diperbaharui dan digantikan dengan sumber daya lain namun organisasi tersebut tetap mampu untuk memproduksi barang yang mampu mengungguli kemampuan produk pesaingnya.
Hasil dan Kesimpulan
Dalam menciptakan keunggulan kompetitif antar pesaing pada pasar, sebuah organisasi dituntut untuk selalu mengembangkan inovasi pada setiap barang yang mereka produksi. Barang tersebut diproduksi untuk dapat memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumen. Disamping memuaskan konsumen, produksi tersebut diharapkan juga dapat menciptakan keuntungan bagi produsen atau organisasi tersebut. Keunggulan Kompetitif juga bergantung pada sumber daya yang baik dan memadai untuk memproduksi barang tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

itsuntoldstory Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting